SEMOGA SEMUA PEMBACA SODASOSIAL BISA MENGERJAKAN UN DENGAN LANCAR DAN MENDAPAT NILAI YANG DIINGINKAN, AMIIIN

Friday, July 20, 2012

Manajemen

Dalam berorganisasi dan badan usaha tentunya setiap individu memiliki cara tersendiri dalam mengelola organisasi atau badan usaha tersebut. Pengelolaan dalam badan usahan tersebut yang dikenal dengan istilah manajemen. 

A. PENGERTIAN MANAJEMEN
Berikut adalah beberapa pengertian manajemen menurut berbagai tokoh: 
• Prof. Oei Liang Lee
Manajemen adalah ilmu dan seni merencanakan, mengorganisasikan, mengarahkan, mengoordinasikan, serta mengawasi tenaga manusia dengan bantuan alat-alat untuk mencapai tujuan.
• George R. Terry
Manajemen adalah pencapaian tujuan dengan menggunakan bantuan orang lain.
• Frederick Winslow Taylor
Manajemen adalah suatu percobaan yang sungguh-sungguh untuk menghadapi setiap persoalan yang muncul dalam sebuah perusahaan dan organisasi. Jadi, dapat disimpulkan bahwa manajemen merupakan aktivitas manusia dalam organisasi dengan bantuan sumber-sumber daya dan fasilitas untuk mencapai tujuan.
• L. Gulick
Manajemen adalah ilmu pengetahuan yang menjelaskan mengapa dan bagaimana manusia bekerja sama untuk mencapai tujuan dan mengajarkan bagaimana sistem kerja sama yang lebih bermanfaat bagi kemanusiaan.


B. UNSUR UNSUR MANAJEMEN
Unsur unsur manajemen adalah unsur yang menjadi syarat suatu badan usaha agar bisa berjalan dengan baik. Unsur manajemen terdiri dari 6M. Yaitu :
• Man (Manusia) 
Manusia diperlukan dalam manajeman untuk melaksanakan beberapa aktivitas dalam mencapai tujuan
• Money (Uang)
Untuk melakukan berbagai kegiatan diperlukan adanya uang.
• Material (Bahan Baku)
Material atau bahan-bahan merupakan alat atau unsur manajemen untuk mencapai tujuan
• Machine (Mesin
Mesin digunakan oleh manajemen dalam proses pelaksanaan kegiatan
• Methods (Metode)
Metode adalah cara untuk melakukan pekerjaan agar berdaya guna dan berhasil guna
• Markets (Pasar)
Pasar merupakan faktor penting dalam mencapai tujuan perusahaan


C. FUNGSI MANAJEMEN

Fungsi manajemen POAC menurut George R. Terry

Pembagian fungsi manajemen menurut berbagai tokoh
• George R. Terry : 
(a) perencanaan (planning);
(b) pengorganisasian (organizing);
(c) pelaksanaan (actuating);
(d) pengendalian (controlling).

• Henry Fayol
(a) perencanaan (planning);
(b) pengorganisasian (organizing);
(c) pemberian komando (commanding);
(d) pengoordinasian (coordinating);
(e) pengendalian (controlling).

• Koontz dan O’Donnell
(a) perencanaan (planning);
(b) pengorganisasian (organizing);
(c) penyusunan pegawai (staffing);
(d) pengarahan (directing);
(e) pengendalian (controlling).


1. Planning adalah proses dasar manajemen dalam menentukan langkah-langkah untuk mencapai tujuan tertentu. Planning adalah merumuskan suatu rencana perusahaan yang di dasari What, Who, Why, When, Where dan How.
• Contoh Planning : 
- merumuskan strategi untuk mencapai tujuan dan target
- menentukan sumber-sumber daya yang diperlukan
- menetapkan strandar keberhasilan dalam pencapaian tujuan dan target bisnis

2. Organizing adalah keseluruhan aktivitas manajemen dalam mengalokasikan keseluruhan sumber daya sesuai dengan rencana yang telah dibuat. Dalam pengorganisasian suatu rencana akan dibentuk pembagian kerja tertentu dalam sebuah struktur organisasi
• Contoh Organizing :
- Pembagian Kerja
- Pengelompokan pekerjaan
- Kordinasi dan pendelegasian wewenang

3. Actuating adalah tindakan yang mengusahakan agar seseorang atau semua kelompok mau dan memulai bekerja dengan senang hati untuk melakukan tugas pekerjaannya sehingga dapat selesai sesuai dengan tujuan yang telah ditetapkan.

4. Controlling merupakan kegiatan yang dilakukan oleh para manajer dalam mengawasi dan mengevaluasi hasil yang telah dicapai.
• Contoh Controlling :
- Penilaian Kerja
- Membandingkan kinerja dengan standar
- Melakukan tindakan koreksi dan evaluasi




D. TINGKATAN MANAJEMEN


• Manajemen puncak (top management
Yaitu sebagai dewan direksi, direktur utama (CEO= Chief Executive Officer), serta pimpinan lainnya, seperti direktur keuangan dan direktur pemasaran. Adapun tugas dari manajemen puncak adalah membuat rencana umum badan usaha dan membuat keputusan-keputusan penting.

Manajemen menengah (middle management
Memiliki posisi sebagai manajer pabrik atau manajer divisi. Oleh karena itu, para manajer menengah lebih banyak terlibat dalam kegiatan proses produksi dan bertanggung jawab atas keputusan-keputusan jangka pendek. Manajer menengah juga bertanggung jawab membuat rencana operasional
untuk merealisasikan rencana umum dari manajer puncak.

Manajemen Bawah (lower management
Memiliki posisi sebagai manajer kantor atau mandor. Manajer pengawas bertugas sebagai pelaksana rencana yang dibuat oleh manajer menengah. Manajer pengawas juga bertanggung jawab untuk mengawasi kerja karyawan. Oleh karena itu, para manajer sangat terlibat dengan para karyawan yang melakukan proses produksi


E. BIDANG BIDANG MANAJEMEN
1. Manajemen Produksi
Manajemen produksi adalah kegiatan pengaturan secara maksimal dari faktor-faktor produksi (alam, tenaga kerja, modal, dan skill) agar dapat menciptakan dan menambah guna suatu barang.

2. Manajemen Pemasaran
Manajemen pemasaran adalah kegiatan manajemen berdasarkan fungsinya yang pada intinya berusaha untuk mengidentifikasi apa sesungguhnya yang dibutuhkan konsumen dan bagaimana cara pemenuhannya dapat diwujudkan.

3. Manajemen Personalia/SDM
Pada perusahaan yang telah kompleks permasalahan dan luas struktur organisasinya lebih memerlukan manajer SDM untuk membantu merekrut, menyeleksi, dan menempatkan orang-orang pada tempat yang tepat. Juga mengatur pembagian jumlah gaji setiap pegawai.

4. Manajemen Keuangan
Semua bidang manajemen dalam perusahaan memerlukan uang dan modal. Bidang tersebut mulai dari produksi, pemasaran, personalia, keuangan, dan perkantoran. Membuat perencanaan dan mengelola operasional keuangan perusahaan, mengatur arus sumber-sumber modal dan membuat analisis terhadap laporan keuangan

5. Manajemen Perkantoran
Manajemen perkantoran menitikberatkan pada cara mengatur atau mengelola kantor agar tercipta kelancaran kegiatan administrasi. Hal-hal yang termasuk dalam kegiatan pekerjaan kantor.


No comments:

Post a Comment