SEMOGA SEMUA PEMBACA SODASOSIAL BISA MENGERJAKAN UN DENGAN LANCAR DAN MENDAPAT NILAI YANG DIINGINKAN, AMIIIN

Sunday, May 6, 2012

Kualitas Informasi Akuntansi

Kualitas dari sebuah laporan keuangan dapat ditinjau dari beberapa aspek, diantaranya:

Dapat Dipahami, laporan keuangan harus mudah dipahami oleh pemakai informasi agar dapat bermanfaat dan dapat dijadikan dasar untuk mengambil keputusan keuangan. (informasi yang kompleks tetap disajikan sebaik mungkin agar dapat dimengerti)

Relevan, laporan keuangan harus relevan dalam proses pengambilan keputusan. Informasi yang relevan adalah informasi yang dapat mempengaruhi keputusan ekonomi pemakai dengan membantu mereka mengevaluasi peristiwa masa lalu dan masa kini.  

Materialitas, informasi dianggap material apabila kelalaian dalam mencantumkan atau kesalahan pencatatan dapat memengaruhi keputusan ekonomi pemakai laporan keuangan.

Keandalan, laporan keuangan harus dapat diandalkan oleh pemakainya, dalam artian bebas dari kesalahan material dan penyajiannya sesuai dengan kondisi yang ada.

Penyajian Jujur, salah satu syarat dari laporan yang dapat diandalkan adalah penyajian yang jujur, artinya segala sesuatu yang ditampilkan dalam laporan keuangan harus sesuai dengan kondisi yang sebenarnya dari suatu perusahaan.
Substansi Mengungguli Bentuk, dalam melihat suatu transaksi, yang diutamakan adalah substansi dari transaksi atau peristiwa tersebut bukan hanya bentuk hukumnya.

Netralitas, informasi dalam laporan keuangan harus diarahkan pada kebutuhan umum pengguna, bukan untuk pihak tertentu saja. Misal: pada akhir periode, perusahaan A membuat 3 jenis laporan keuangan, yang pertama yang sesuai dengan kondisi nyata, yang kedua jumlah labanya ditinggikan agar dapat memeroleh pinjaman besar dari bank, dan yang satunya lagi jumlah labanya dikecilkan agar memeroleh pajak yang ringan. Apabila terjadi seperti kasus diatas, makan laporan keuangan perusahaan A dikatakan tidak netral.

Pertimbangan Sehat, ada kalanya dalam penyusunan laporan keuangan terdapat beberapa ketidakpastian. Misalnya dalam hal jumlah piutang tak tertagih. Untuk mengatasi ketidakpastian ini, dapat menggunakan pertimbangan sehat.

Kelengkapan, Informasi yang disajikan dalam laporan keuangan harus lengkap.

Dapat Dibandingkan, Laporan keuangan harus dapat dibandingkan oleh pemakainya, baik dibandingkan dengan laporan keuangan dari periode sebelumnya maupun dengan laporan keuangan dari perusahaan lain.


REMINDER
pelajari ini, seringkali keluar di ulangan harian. sebenarnya anda tidak perlu menghafal hanya memahami saja karena ini pengetahuan umum dalam pelajaran ini. 



No comments:

Post a Comment